Senin, 05 Agustus 2019

Published Agustus 05, 2019 by with 0 comment

Point to Multipoint pada Mikrotik

Hello! Bertemu lagi dengan saya di DS Network, tempat dimana kita bisa seru - seruan sambil belajar bareng. Dikesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat jaringan Point to Multipoint, Point to Multipoint ini sering digunakan di kehidupan sehari - hari kita, seperti saat kita mau membagikan jaringan dari kota Bogor ke kota Bekasi, Depok, dan Jakarta.

Tujuan 

Dapat membuat jaringan point to Multipoint

Manfaat

Dapat mengetahui cara membuat jaringan Point to Multipoint dan dapat mengaplikasikannya ke kehidupan nyata.

Topologi



Oke setelah kita mengetahui tujuan, manfaat serta topologi Point to Mutipoint, maka tanpa basa basi lagi mari kita lanjut ke persiapan alat - alat yang dibutuhkan.

Alat - Alat

1. Router RB 951
2. Adapter RB 951
3. Kabel LAN Straight
4. Winbox

Langkah Kerja

Point to Multipoint sebagai AP(Server)

1. Langkah pertama kita buka Winbox-nya kemudian pergi ke menu "Neighbors" kemudian pilih router yang kita 

2. Setelah itu kita pilih menu "IP" dan pilih "Addresses" untuk masuk ke menu IP untuk membuat IP Addresses.

3. Kemudian klik tomombol tambah untuk menanmbahkan IP. Jika sudah masukkan IP server yang akan kita gunakan, lalu atur interface-nya menjadi wlan1 kemudian klik OK.

4. Setelah itu pilih pilihan "Wireless" lalu pilih wlan yang akan kita gunakan kemudian klik tanda ceklis untuk meng-enable wlan kita.

5. Setelah itu double klik pada wlan yang sudah kita enable, lalu pilih mode "ap bridge" bandnya yang "2GHz B/G/N, kemudian ketik SSID dan Radio Name Sesuka hati kalian. Jika sudah maka pilih OK.

6. Jika sudah kalian oke maka tunggu si Client sampai konek, kalian bisa memantau semua client yang sudah konek ke kalian di menu "Registration".

Point to Multipoint pada Client

1. Pertama - tama kita buka Winbox, kemudian ke menu "Neighbors" lalu pilih router yang sudah terhubung kemudian klik connect.

2. Setelah itu klik bagian menu "IP" lalu klik "Addresses" untuk membuat IP pada client.

3. Kemudian tekan tombol tambah lalu masukkan ip kalian (3 digit pertama harus sama seperti server). Setelah itu pilih interface-nya ke wlan1 lalu klik ok.

4. Kemudian kita pilih menu "Wireless", lalu klik wlan1 nya kemudian klik tombol yang seperti ceklis untuk meng-enable atau mengaktifkan wlan1.



5. Setelah double klik pada wlan1 lalu atur mode menjadi "station" dan band menjadi "2GHz B/G/N". Setelah itu isi Radio Name-nya sesuka hati anda agar mudah diketahui oleh server, lalu klik Scan.

6. Selanjutnya klik start untuk memulai menyekan SSID apa saja yang ada di sekitar kita. Kemudian cari SSID yang disediakan leh server kita klik lalu tekan connect.

7. Jika sudah maka SSID nya akan terisi dengan sendirinya sesuai dengan SSID server yang kita connect-kan. Kemudian tekan OK.

8. Jika sudah maka pindah kemenu "Registration" klik server kita, lalu klik ping untuk memulai mengeping server.

9. Jika terhubung maka akan ada tampilan reply dan TTL seperti yang ada dibawah. Yang artinya anda sudah terhubung dengan server anda.

Sekian pembahasan kita kali ini, semoga info yang saya bagikan berguna. Sampai jumpa lagi di DS Network tempat dimana kita dapat seru seruan sambil belajar hal hal yang baru.

0 komentar:

Posting Komentar