Senin, 05 Agustus 2019

Published Agustus 05, 2019 by with 0 comment

Point to Point pada Mikrotik

Point to Point pada Mikrotik



Hello! Jumpa lagi di DS Network tempat dimana kita bisa seru - seruan sambil belajar hal - hal yang baru. Di kesempatan kali ini kita akan membahas tentang membuat Point to Point pada Mikrotik. Point to Point adalah sebuah topologi dimana satu router server hanya bisa menembakkan sinyalnya pada satu client saja, hal ini sering digunakan di pegunungan untuk menembakan atau membagi sinyal dari gunung yang satu ke gunung yang lainnya.

Tujuan :

Dapat membuat point to point pada Mikrotik.

Manfaat:

Kita dapat mengatahui bagaimana cara point to point bekerja, dan dapat mengaplikasikannya pada kehidupan nyata.

Topologi :



Oke karena kita sudah tau tujuan manfaat dan topologi dasarnya. Tanpa berlama - lama lagi mari kita buat point to point, pertama - tama kita siapkan dulu alat - alatnya:

Alat alat:

1. Router Mikrotik RB-951

2. Adapter RB-951

3. Kabel LAN jenis straight

4. Winbox


Langkah Kerja :

Point to Point sebagai Client :

1. Pertama - tama kita buka Winbox, kemudian kalian pergi ke tab "Neighbors" klik router yang yang kita sambungkan, kemudian kilk connect.

2. Kemudian klik menu "IP" lalu pilih bagian "Addresses".
 3. Setelah itu kita klik tombol yang seperti tanda tambah untuk menambahkan ip baru, IP ini harus sama dengan ip server. Contohnya jika ip sever 192.168.1.15 maka kita harus menyamakan 3 digit angka nya menjadi 192.168.1.16. Pilih Interface-nya wlan1.

4. Setelah kita selesai membuat ip, kemudian kita klik menu "Wireless".

5. Kemudian kita klik wlan yang masih berwarna abu - abu kemudian klik tombol ceklis untuk meng-enablenya.

6. Setelah di enable kita double klik pada wlan kita, pastikan mode yang terpilih adalah station dan band yang terpilih "20Hz B/G/N, kemudian ganti "Radio Name"-nya sesuai keinginan anda. Jika sudah klik "Scan".

7. Di menu Scan kita klik "Start", kemudian cari SSID yang dibuat oleh server kita, klik SSID-nya lalu klik "Connect".

8. Setelah kita connect maka SSID kita akan otomatis terganti dengan SSID server kita, jika sudah maka klik OK.

9. Setelah terhubung atau ada huruf "R" di samping wlan kita, maka selanjutnya kita pergi ke menu "Registers" lalu double klik pada nama server kita, kemudian klik "Ping".

10. Jika ketika kalian Mengeping maka akan muncul tampilan seperti berikut maka kalian sudah berhasil terhubung dengan server kalian. Jika gagal maka pada kolom "Status" akan muncul permasalahannya seperti "Unreachable Host".

Point to Point sebagai AP(Server)

1. Sama halnya seperti Client pastinya lagngkahg pertama yang kita ambil pastinya membuka Winbox kemudian pergi ke tab "Neighbors" lalu klik router yang terhubung kemudian klik connect.

2. Kemudian kita pergi ke tab "IP" lalu klik "Addresses".

3. Di menu addresses kita buat IP yang akan berperan sebagai IP server, ketikkan ipnya terserah kalian setelah itu pilih interface yang "wlan1", kemudian klik OK.

4. Setelah itu klik menu "Wireless" kemudian klik wlan kita dan klik tombol ceklis untuk meng-enable wlan tersebut.

5. Kemudian double klik pada bar wlan-nya lalu pilih "Wireless" kemudian pilih modenya "bridge", lalu bandnya "20 Hz B" kemudian ketikan nama radio name-nya sesuai keiginan hati kalian, lalu klik OK.

Setelah kalian klik OK maka sang client bisa menghubungkan dengan server. Sekian pembahasan kita kali ini, sampai jumpa di pembahasan - pembahasan lainnya hanya di DS Network.

0 komentar:

Posting Komentar