Kamis, 08 Agustus 2019

Published Agustus 08, 2019 by with 1 comment

Konfigurasi Voip dengan Vlan


Gambar terkait

Hallo sobat semua ! Jumpa lagi nih kita di DS Network, tempat dimana kita bisa seru - seruan sambil belajar hal - hal yang baru. Dikesempatan kita kalin ini kita akan membahas tentang bagaimana caranya mengokonfigurasi Voip dengan Vlan.

Alat dan Bahan yang dibutuhkan

Sebelum mulai kita harus siapkan dahulu alat alatnya, diantaranya:

1. PC

Hasil gambar untuk pc

2. Cisco Packet Tracer

Hasil gambar untuk cisco packet tracer logo

Tahap Pengerjaan

1. Pertama tama kita buka dahulu Cisco Packet Tracer kita, buat topologinya seperti berikut dengan menggunakan Router 2811, Switch 2960, IP Phone, dan PC.




 2. Kemudian hubungkan semua topologi dengan menggunakan kabel Straight Through Copper,



3. Kemudian klik kiri pada Router, untuk msauk ke tampilan gui untuk router, jika sudah klik yang bertuliskan "CLI" untuk memulai untuk mengonfig tekan enter pada keyboard.



4. Lalu setelah masuk ketikkan en untuk masuk ke User exec mode, lalu ketik conf t untuk masuk ke mode global configuration. Kemudian buat vlan yang nantinya akan digunakan, Data untuk PC, Voice untuk IP Phone, dan Manage untuk Router dan Switch.


5. Setelah itu ketikkan perintah untuk mengubah interface 0/1 (yang mengarah ke Router) ke mode trunk.


6. Kemudian kita masukan vlan-nya ke masing - masing IP phone dan PC dengan mengetikkan perintah berikut.


Nah setelah kalian masukkan semua Vlannya ke masing masing perangkat, maka tahap berikutnya kita akan beranjak untuk mengonfig Routernya.

7. Sama seperti halnya mengonfig pada Switch, langkah pertama yang kita ambil adalah dengan mengklik Routernya kemudian masuk ke menu CLI.


8. Kemudian masuk ke User Exec Mode (enable) lalu ke Global Configuration (configure terminal). Lalu buat, atur dan masukkan ip address ke masing - masing vlan yang telah dibuat.


9. Jika sudah ketikkan "ip dhcp pool data" untuk memulai untuk mengubah ip networknya, dan default routernya (router yang akan digunakan).


10. Kemudian masukkan ip network dan default router untuk dhcp voice-nya juga.


11. Setelah itu ketikkan perintah untuk membuat pengecualian ip addres dhcp agar tidak terjadi bentrokan.


12. Kemudian jika semua sudah selesai dan tak ada lagi bentrokan, maka langkah selanjutnya kita akan mengaktifkan interface 0/0 dari router yang terhubung ke switch.


13. Jika sudah di aktifkan dan kabel yang terhubung antara switch dan router sudah berubah menjadi hijau, maka langkah selanjutnya adalah dengan menyetel setelan dari teleponnya.


14. Ketika sudah di atur setelan untuk teleponnya, maka kita harus menyambungkan IP Phone Power Adaptornya ke telepon dengan cara didrag saja gambar si adaptornya.


15. Kemudian masukkan number(nomor) dari teleponnya.



16. Lalu kita menyetel model atau type dari ip phone yang akan kita gunakan.


17. Jika sudah menyetel semua type teleponnya, maka klik kri pada pc.

18. Kemudian masuk ke menu Desktop lalu ke IP Configuration .


19. Kemudian ganti mode ipnya dari Static ke DHCP, tunggu hingga prosses requestnya berhasil, ulangi langkah tersebut ke pc ke 2 dan ke 3.



20. Jika sudah dipindahkan ke mode DHCP, maka kita tes dahulu teleponnya apakah tersambung atu tidak.


21. Jika sudah teleponnya sudah masuk dan terhubung maka tes juga apakah PC-nya saling terhubung satu sama lain atau tidak, dengan cara mengeping ip address masing - masing PC.


Yak... Sekian pembahasan kita tentang konfigurasi VOIP dengan Vlan, semoga informasi ini berguna bagi sobat semua. Selamat tinggal, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya di DS Network.

1 komentar: