Kamis, 08 Agustus 2019

Published Agustus 08, 2019 by with 0 comment

Teknologi Komunikasi Data dan Suara

Hallo Semuanya ! Selamat datang di DS Network tempat dimana kita dapat seru - seruan sambil belajar hal - hal yang baru secara bersama - sama. Di kesempatan kali ini kita akan membahas seputar Teknologi Komunikasi Data dan Suara.

KOMUNIKASI DATA

SATUAN
DEFINISI
SINGKATAN
Kilobit
1.000 bit
Kb
Kilobit per detik
1.000 bit/ detik
Kbps
Megabit
1.000.000 bit
Mb
Megabit per detik
1.000.000 bit per detik
Mbps
Gigabit
1.000.000.000 bit
Gb
Gigabit per detik
1.000.000.000 bit per detik
Gbps
Byte
8 bit
Byte
Kilobyte
2010 = 1024 byte
KB
Megabyte
2020 = 1.048.576 byte
MB
Gigabyte
2030 = 1.073.741.824 byte
GB
Terabyte
2040 = 1024 gigabyte
TB
Exabyte
2050 = 1024 terabyte
EB
Tabel satuan bit

Perkembangan teknologi komunikasi mengikuti sejarah yang tidak sederhana. Berdasarkan perkembangan tersebut, kita mengenal teknologi komunikasi tradisional dan modern. Teknologi komunikasi tradisional bercirikan langsung dan menggunakan simbol-simbol yang disepakati secara lokal. 

SISTEM KOMUNIKASI

Komunikasi berasal dari bahasa latin: comunicare yang berarti membawa bersama atau menggunakan bersama. Sistem komunikasi merupakan suatu proses pembentukan, penyampaian, penerimaan, pengolahan pesan yang terjadi dalam diri seseorang dan atau diantara dua orang atau lebih untuk menyampaikan tujuan tertentu. 

PRINSIP KERJA KOMUNIKASI

Mekanisme komunikasi merupakan proses yang terjadi mulai dari pengiriman pesan sampai umpan balik. Demikian juga, ketika kita menggunakan alat bantu komunikasi atau peralatan. Telekomunikasi merupakan istilah yang bermakna luas, yang mencakup baik suara maupun komunikasi data (teks dan gambar). Jadi, komunikasi data hanyalah bagian dari telekomunikasi hanyalah bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenan dengan perpindahan data/informasi dalam bentuk digital dari suatu peranti ke peranti yang lain. 

SISTEM KOMUNIKASI DATA

Gambar terkait

 Komunikasi data adalah hubungan atau interaksi (pengiriman dan peneriman) antar device yang terhubung dalam sebuah jaringan, baik yang dengan jangkauan sempit maupun dengan jangkauan yang lebih luas. Komunikasi data bisa terjadi jika ada pengirim, penerima, media transmisi data dan protokol

Komponen-komponen penting yang menyusun system komunikasi data, antara lain :

o Komputer untuk memproses data.

o Terminal atau peralatan masukan/keluaran untuk megirimkan atau menerima data.

o Media transmisi (media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima). Media
transmisi sering juga disebut saluran komunikasi

o Prosesor komunikasi, yang mendukung pengiriman atau penerimaan data via media transmisi.

o Perangkat lunak yang mengontrol kegiatan pertukaran informasi.

   a. Perangkat pengirim mengirimkan data/informasi melalui prosesor komunikasi. Prosesor inilah         yang bertanggung jawab melintaskan data/informasi ke media transmisi.

   b. Pada bagian penerima, prosesor komunikasi inilah yang berperan menangkap data yang berasal     dari media transmisi dan mengonversinya menjadi data/ informasi dalam bentuk yang bisa               dimengerti oleh computer penerima.

Macam - Macam Isyarat

A. Isyarat Analog

Hasil gambar untuk isyarat analog

Isyarat analog bisa juga disebut isyarat kontinyu, karena bentuknya berupa gelombang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang. Isyarat analog biasa dinyatakan dengn gelombang sinus, mengingat gelombang sinus merupakan dasar untuk semua bentuk isyarat analog. Hal ini didasarkan kenyataan bahwa berdasarkan analisis Fourier, suatu isyarat analog dapat diperoleh dari perpaduan sejumlah gelombang sinus.

B. Isyarat Digital

Hasil gambar untuk isyarat digital
Isyarat digital biasa juga disebut isyarat diskret. Isyarat ini tersusun atas dua keadaan, yang biasa disebut bit. Bit merupakan istilah khas pada isyarat digital. Sebuah bit dapat berupa nilai 0 (nol) atau 1 (satu). Kemungkinan nilai untuk sebuah adalah 2 buah (2¹). Kemungkinann nilai untuk 2 buah bit adalah sebanyak 4 (2²), berupa 00, 01,10, dan 11. Kemungkinan nilai untuk 3 buah bit berupa 000, 001, 010, 100, 101, 110, dan 111 (2³). Secara umum, jumlah kemungkinann nilai yang terbentuk oleh kombinasi n buah bit adalah sebesar 2n buah. Sebagai contoh, dalam sistem ASCII, huruf A dinyatakan dengan 01000110.

Prosesor Komunikasi

  •  Prosesor komunikasi adalah peranti yang bertindak untuk melewatkan data/informasi ke media transmisi atau menerima informasi dari media tranmisi. 
  • Sebagai contoh, modem (modulatordemodulator) adalah peranti yang memungkinkan data digital dalam pada bagian pengirim dapat dilewatkan ke media transmisi yang bersifat analog dan mengkonversi data  analog yang berasal dari media transmisi menjadi data digital pada bagian penerima. 
  • Pada modem, bagian yang melakukan perubahan dari bentuk digital ke analog, disebut modulator dan bagian yang melakukan perubahan dari bentuk analog ke digital disebut demodulator.

Kanal (Channel)

Hasil gambar untuk channel data

Pada komunikasi data, media transmisi sering dinyatakan dengan istilah rangkaian (circuit). Tergantung dari rangkiannya, suatu rangkaian dapat mengandung satu atau beberapa kanal. Kanal menyatakan sebuah lintasan satu arah untuk mentransmisikan data. Sebagai analogi, kanal dapat dibayangkan sebagai jalurjalur yang terdapat pada suatu jalan. Sebuah jalan bias mengandung lebih dari 1 jalur. 

Jalur Data


Berkaitan dengan kecepatan data, terdapat dua istilah yang terkadang sering dipertukarkan dan sesungguhnya berbeda. Kedua istilah yang dimaksud adalah :

1. Laju Bit (Bit rate)


Laju bit (sering kali disebut laju data) menyatakan jumlah bit perdetik.  Laju bit sebesar dua kali laju baud. Jika terdapat delapan macam tegangan, isyarat dapat digunakan untuk membawa tiga buah bit. Pada keadaan seperti ini, laju bit adalah sebesar tiga kali laju baud. Sebagai contoh sebuah modem dapat memodulasikan sederet bit digital dan mengalirkan 2400 bit per detik dengan menggunakan isyarat berlaju sebesar 600 baud

2. Laju Baud

Laju baud (sering kali disebut baud saja) menyatakan kecepatan isyarat (baik analog maupun digital) yang melalui kanal. Sebuah kanal yang memiliki baud b tidak selalu mentransmisikan b bit per detik, karena masing-masing isyarat bisa saja membawa beberapa bit. Apabila setiap sebuah nilai amplitudo menyatakan sebuah bit (misalnya amplitudo positif menyatakan bit 1 dan amplitudo negative menyatakan bit 0), maka baud sama dengan laju bit. 


KOMUNIKASI SUARA

Komunikasi audio/suara adalah komunikasi yang menggunakan frekuensi radio sebagai media pengiriman data, data yang dikirimkan berupa suara yang kemudian diubah menjadi sinyal radio dan diterima receiver untuk kemudian diubah lagi menjadi suara lewat bantuan speaker. 

Audio dalam sistem komunikasi bercirikan video, sinyal elektrik digunakan untuk membawa unsur bunyi. Istilah ini juga biasa digunakan untuk menerangkan sistem-sistem yang berkaitan dengan proses perekaman dan transmisi yaitu sistem pengambilan/penangkapan suara, sambungan transmisi pembawa bunyi, amplifier dan lainnya.

Macam - Macam Audio


  • Audiovisual Perangkat soundsistem yang dilengkapi dengan penampilan gambar, biasanya digunakan untuk presentasi, home theater, dan sebagainya. 
  • Audio Streaming istilah yang dipergunakan untuk mendengarkan siaran secara live melalui Internet. Berbeda dengan cara lain, yakni mendownload file dan menjalankannya di komputer kita bila download-nya sudah selesai, dengan streaming kita dapat mendengarnya langsung tanpa perlu mendownload file-nya sekaligus. Ada bermacam-macam audio streaming, misalnya Winamp (mp3), RealAudio (ram) dan liquid radio. 
  • Audio response Suara yang dihasilkan oleh komputer.Output pembicaraan yang dihasilkan komputer untuk menanggapi input jenis khusus, misalnya permintaan nomor telepon.  Audio Oscillator Merupakan produk dari perusahaan Hewlett Packard yang pertama. Produk ini digunakan oleh Walt Disney Studios dalam pembuatan filmnya yang berjudul Fantasia. 
  • Audio Modem Riser Sebuah kartu plug-in untuk motherboard Intel yang memuat sirkuit audio dan atau sirkuit modem. AMR memuat fungsi-fungsi analog (kode-kode) yang dipelukan untuk operasi modem dan atau audio. 

Perangkat Audio



  • Audio CODEC : melakukan fungsi kompresi sinyal audio untuk penghematan bandwidth Hasil gambar untuk audio codec
  • Audio Controller : melakukan fungsi kontrol terhadap pengaruh akustik yang tidak dikehendaki dari speaker terhadap mikropon seperti suara mencuit, echo dan lain-lain.Gambar terkait
  • Mikropon & Speaker : merupakan perangkat input/output dalam sistem audioHasil gambar untuk mikrofon dan speaker
Salah satu perangkat teknologi komunikasi audio yang akan dibahas adalah teknologi komunikasi pada telepon Kabel.  Telepon kabel adalah alat komunikasi yang membutuhkan kabel agar dapat berfungsi Telepon Seluler Telepon seluler menggunakan sistem wireless. pengirim dan penerima harus tetap tercakup BTS (Base Transceiver Station ). BTS adalah peralatan yang memfasilitasi komunikasi secara wireless antara pengguna telepon seluler. Adapun komponen terpenting yang terdapat pada telepon yakni adalah Mekanisme dialing, Transmitter, Ringger, dan Receiver.  

  • Mekanisme Dialing Mekanisme dialing memungkinkan penelpon memasukkan nomor tujuan yang ingin dia panggil, sebagian besar telepon dilengkapi dengan keypad yang berjumlah 12 tombol, yang terdiri dari tombol 0 sampai 9 kemudian tombol bintang (*), dan tanda pagar (#).  
  • Transmitter atau pemancar sering juga disebut dengan mikrofon berfungsi mengubah suara menjadi arus listrik yang kemudian dikirimkan lebih jauh melalui kabel telpon.  
  • Ringer Ringer berfungsi untuk memberikan sinyal adanya telpon yang masuk, pada permulaan, ringer terbuat dari sebuah lonceng kecil, saat ini, peralatan elektronik digunakan untuk menggantikan loncek kecil, sebuah chip komputer ditempatkan untuk membuat sinyal bunyi (ringtone) atau bahkan sebuah lagu.  
  • Receiver atau penerima berfungsi untuk mengubah arus listrik menjadi suara. penerima ditempatkan pada bagian telinga di gagang telepon. sinyal listrik yang berasal dari suara pengirim akan diterjemahkan kembali menjadi suara oleh receiver 
Demikian Pembahasan kita pada kali ini, sampai jumpa di pembahsan pembahsan selanjutnya di DS Network.

0 komentar:

Posting Komentar