Minggu, 15 September 2019

Published September 15, 2019 by with 0 comment

Kebutuhan Telekomunikasi

Hasil gambar untuk telekomunikasi

Hallo semuanya ! Jumpa lagi nih dengan saya di DS Network tempat dimana kita bisa dapat belajar sambil seru - seruan bareng. Oke dikesempatan kali ini kita akan membahas tentang Kebutuhan Komunikasi, seperti yang kita ketahui komunikasi ada  yakni komunikasi suara, visual, audio visual, dan data. Oke tanpa berlama - lama lagi mari saja kita bahas satu per satu.

A. Peralatan Teknologi Komunikasi

1. NIC (Network Interface Card)

Hasil gambar untuk NIC
Berfungsi PC Stand Alone agar dapat berkomunikasi dengan PC lain, diperlukan Network Interface Card (NIC). NIC berfungsi menghubungkan PC dengan media yang digunakan.

2. Kabel

Hasil gambar untuk kabel lan
Alat yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal dari satu tempat ke tempat lain. Berdasarkan jenisnya, kabel terbagi menjadi 3 yakni kabel tembaga (copper), kabel koaksial, dan kabel serat optik. Switch sebuah alat jaringan yang melakukan bridging transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MAC).  

3. Modem (Modulator-Demodulator)

Hasil gambar untuk modem
Modem adalah proses penerjemahan data dari digital ke analog sehingga bisa ditransmisikan. Demodulate adalah sebaliknya, proses menerjemahkan dari analog ke digital. Server Komputer yang disediakan untuk menyediakan sejumlah layanan yang diperlukan komputer lain (klien). 

4. Repeater

Hasil gambar untuk repeater
Peralatan yang berfungsi memperkuat sinyal di dalam jaringan komputer.

5. Access Point

Hasil gambar untuk access point
Access Point adalah sebuah node yang telah dikonfigurasi secara khusus pada sebuah WLAN (Wireless Local Area Network). Access Point bertindak sebagai pusat pemancar dan penerima untuk sinyalsinyal radio WLAN. Access Point sering disebut juga base station.

6.  Router

Hasil gambar untuk router
Sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis  OSI.

B. Perangkat Teknologi Komunikasi pada Telepon

Telepon kabel adalah alat komunikasi yang membutuhkan kabel agar dapat berfungsi Telepon Seluler Telepon seluler menggunakan sistem wireless. Adapun komponen terpenting yang terdapat pada telepon yakni adalah Mekanisme dialing, Transmitter, Ringger, dan Receiver. 

1. Transmitter

Transmitter atau pemancar sering juga disebut dengan mikrofon berfungsi mengubah suara menjadi arus listrik yang kemudian dikirimkan lebih jauh melalui kabel telpon.

2. Ringer

Ringer berfungsi untuk memberikan sinyal adanya telpon yang masuk, pada permulaan, ringer terbuat dari sebuah lonceng kecil, saat ini, peralatan elektronik digunakan untuk menggantikan loncek kecil, sebuah chip komputer ditempatkan untuk membuat sinyal bunyi (ringtone) atau bahkan sebuah lagu. 

3. Receiver

Receiver atau penerima berfungsi untuk mengubah arus listrik menjadi suara. penerima ditempatkan pada bagian telinga di gagang telepon. sinyal listrik yang berasal dari suara pengirim akan diterjemahkan kembali menjadi suara oleh receiver.   


C. Teknologi Komunikasi Perangkat Bergerak

1. UTMS (3G)

UMTS (universal Mobile Telecommunication Service) merupakan jawaban atas kebutuhan komunikasi suara dan data yang lebih cepat dibanding generasi sebelummya. Teknologi ini menawarkan kecepatan pengiriman data antara 114 - 384 Kbps untuk user yang bergerak dengan kecepatan 100 km, bahkan mampu mencapai kecepatan 2Mbps untuk user diam.

2. GPRS (2,5G)

General Packet Radio Services atau GPRS merupakan teknologi pengembangan dari GSM (2G) yang hanya menggunakan komunikasi suara saja, yang kemudian ditambahkan agar mampu dipakai dalam pengiriman data. Teknologi dibagi menjadi tiga kelas (A,B dan C) dan menawarkan kecepatan pengiriman data dari 64 - 114 Kbps.

3. HPSDA (3,5G)

High Speed Downlink Packet Access merupakan teknologi peralihan dari UMTS(3G) ke Wimax (4G) yang menawarkan kecepatan pengiriman data (downlink) hingga 7,2 - 14 Mbps. 

D. Jenis - jenis Komputer

1. Personal Computer (PC)

Hasil gambar untuk PC
Personal Komputer (PC) merupakan peralatan adalah peralatan utama dalam teknologi informasi. Alat ini berfungsi untuk mengubah data menjadi informasi yang diperlukan. Peralatan ini terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Komputer jenis ini sering dikenal juga dengan sebutan Komputer Desktop karena sering diletakan di atas meja (desk = meja).  

2. Laptop (Notebook)

Hasil gambar untuk notebook
Laptop adalah bentuk lain dari komputer. Sebutan laptop menunjuk pada komputer ramping yang yang dapat dipangku (Lap berarti pangkuan). 

3. Personal Digital Assistant

Hasil gambar untuk Personal Digital assistant
Personal Digital Assistant ( PDA ) merupakan bentuk komputer yang lebih kecil lagi. Ukurannya kira-kira seperti Handphone. Karena dapat digenggam maka komputer ini digolongkan sebagai komputer genggam (handled computer) atau lebih sering disebut palmtop.

E. Jenis - jenis Peralatan Komunikasi

1. Telegraf

Hasil gambar untuk telegraf
Telegraf merupakan alat komunikasi jarak jauh yang terdiri dari dua bagian yaitu pengirim dan penerima. Alat pengirim biasanya berupa saklar tekan dan alat penerimanya disebut penerima Morse.

2. Telepon 

Hasil gambar untuk telepon
Berfungsi untuk mengirim dan menerima informasi yang berbentuk Suara. Seperti halnya telegraf, pesawat telepon terdiri dari dua bagian yaitu pengirim dan penerima.

3. Pesawat radio

Hasil gambar untuk pesawat radio
Merupakan pesawat penerima gelombang radio yang dipancarkan dari stasiun pemancar radio. Bila yang dipancarkan berita, maka yang akan didengar di radio juga berita. Informasi yang dipindahkan adalah Suara.

4. Televisi 

Hasil gambar untuk tv
Adalah salah satu peralatan komunikasi penerima yang menerima sinyal-sinyal dari stasiun pemancar televisi. Alat ini dapat menerima informasi berbentuk suara dan gambar (audio visual).

5. Faximile 

Hasil gambar untuk fax
Fazimile (FAX) mempunyai kegunaan yang sama dengan telepon, yakni menerima dan mengirim informasi. Namun mesin faximile tidak mengirim suara, melainkan mengirim data dan informasi dalam bentuk teks atau gambar.

6. Satelit 

Hasil gambar untuk satelit
Adalah alat komunikasi yang di letakan di luar angkasa. Satelit berputar mengelilingi orbit tertentu di atas bumi. Tugas satelit adalah menerima sinyal dari sebuah tempat di bumi dan mengirimkannya ke bagian lain di bumi.

7. Modem

Hasil gambar untuk modem
Adalah alat yang berfungsi mengubah sinyal analog dari dari kabel telepon menjadi sinyal digital. Sinyal analog harus diubah menjadi sinyal digital, karena komputer hanya dapat membaca sinyal digital.

F. Wireline

Wireline adalah media transmisi dengan menggunakan kabel sebagai perantara antara pengirim dan penerima.Wireline biasanya digunakan untuk jaringan dalam jarak dekat seperti dalam satu kantor atau gedung.Akan tetapi,tidak menutup kemungkinan wireline dapat digunakan untuk jaringan komunikasi jarak jauh,seperti pada pesawat telepon dan sambungan Internet.  Jaringan berkabel terdiri atas beberapa jenis,yaitu: LAN (Local Area Network). MAN (Metropolitan Area Network). WAN (Wide Area Network).  

Jenis - Jenis Kabel Wireline :

 1. Kabel Terpilin

Hasil gambar untuk kabel terpilin
Kabel ini biasa dipakai sebagai penghubung telepon dengan jalur telepon.Setiap dua kabel saling dipilin dengan tujuan untuk mengurangi interferensi elektromagnetik terhadap kabel lain atau dengan sumber eksternal.Kabel ini juga dapat dipakai untuk menghubungkan komputer dalam suatu jaringan dengan menghubungkannya dengan hub dan switch. 

2. Kabel Coaxial

Hasil gambar untuk coaxial
Kabel ini merupakan kabel yang dibungkus dengan metal yang lunak dan mempunyai tingkat transmisi yang tinggi jika dibanding kabel terpilin. Akan tetapi harganya relatif lebih mahal. Kabel ini biasa dipakai untuk menghubungkan peralatan video, jaringan radio, dan juga untuk jaringan komputer, khususnya ethernet.

3. Kabel Serat Optik

Hasil gambar untuk serat optik

Kabel ini terbut dari serat – serat optik, yaitu serat – serat yang terbuat dari serabut kaca (optical fibers) yang sangat tipis sebesar diameter rambut manusia. Kabel ini memiliki kecepatan transfer data 10 kali lipat kabel coaxial. Kabel ini biasa digunakan untuk transmisi data digital jarak jauh dengan kecepatan yang lebih tinggi dari jaringan kabel lain atau tanpa kabel.

Komponen Jaringan dalam Jaringan Telepon Wireline

1. Sentral Telepon (switching unit), adalah perangkat yang berfungsi untuk melakukan proses pembangunan hubungan antar pelanggan. Sentral telepon juga melakukan tugas pencatakan data billing pelanggan.

2. MDF (Main Distribution Frame), adalah sebuah tempat terminasi kabel yang menghubungkan kabel saluran pelanggan dari sentral telepon dan jaringan kable yang menuju ke terminal pelanggan.

3. RK (Rumah Kabel), juga merupakan sebuah perangkat cross connect saluran pelanggan, hanya saja ukurannya lebih kecil. Jadi dari MDF, kable saluran pelanggan akan dibagi-bagi dalam kelompok yang lebih kecil dan masingmasing kelompok kabel akan didistrubikan ke beberapa RK.

4. IDF (Intermediate Distribution Frame), juga merupakan sebuah perangkat cross connect kabel saluran pelanggan, dengan ukuran yang lebih kecil dari MDF dan RK. Secara phisik, IDF berbentuk kotak-kotak (biasanya warna hitam) yang terpasang pada tiang-tiang telepon.

5. TB (Terminal Box), juga merupakan cross connect kabel saluran pelanggan yang menghubungkan antara kabel saluran pelanggan di dalam rumah dengan yang diluar rumah. Secara phisik, TB berbentuk kotak yang terpasang di rumah-rumah pelanggan.

6. Pesawat telepon pelanggan, perangkat yang berfungsi sebagai transceiver (pengirim dan penerima) sinyal suara. Pesawat pelanggan juga dilengkapi dengan bell dan keypad DTMF yang berfungsi untuk mendial nomor pelanggan.

Analisis Perangkat Telekomunikasi

1. Jenis-jenis kabel.
   -Kabel coaxial. 
   -Kabel twisted pair. 
   -Serat optic / fiber optic. 
   -Kabel utp. 
2. NIC. 
3. Router. 
4. Switch. 
5. PC. 
6. Modem. 

Jenis layanan Jaringan Komunikasi

1. ISDN.

Integrated Service Digital Network (ISDN) merupakan layanan jaringan komunikasi khusus yang menggunakan jaringan telepon yang tidak hanya memproses suara, tetapi juga mampu menangani penyimpanan data berupa teks, gambar, video, faksimili, dan lain-lain. 

2. CD Interaktif (CD-i). 

Pengetian CD interaktif adalah CD pembelajaran yang mempunyai fungsi memberi informasi. Di dalamnya terdapat tombol-tombol yang bisa menuju ke fasilitas lainnya.

3. Video Streaming

Video streaming merupakan teknologi komputer sebagai jaringan clientserver dalam melakukan permintaan (request) untuk dikirimi data dalam hal ini materi yang bersifat multimedia (audio, video).

4. Leased Line

Leased line merupakan jaringan telepon tetap (permanen) yang menghubungkan dua tempat atau lebih. Jaringan ini tidak mempunyai alat pengalih (switching) atau sejenisnya, jaringan ini bekerja diantara tempat-tempat yang dihubungkan tersebut secara spesifik atau yang sudah ditentukan. Jaringan ini dikenal juga dengan sebutan private line. 

5. Jaringan Komunikasi dengan Satelit

Jaringan komunikasi tanpa kabel yang menggunakan satelit yang berfungsi sebagai pemancar, penerima dan penguat.

6. Komunikasi Seluler

Komunikasi seluler merupakan komunikasi yang menggunakan transmisi radio untuk mengirimkan sinyal informasi, alat tersebut lebih dikenal dengan nama HandPhone.


Oke sekian pembahasan kita pada kali ini, semoga artikel ini dapat membuat semua rasa penasaran dan dapat menjawab pertanyaan kalian semua tentang kebutuhan komunikasi, sampai jumpa di kesempatan selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar