Rabu, 17 Juli 2019

Published Juli 17, 2019 by with 0 comment

Macam - macam Aplikasi Komunikasi Data




Hallo sobat semua, selamat datang di DS Network tempat dimana kita bisa seru - seruan sambil belajar hal - hal baru.

Dikesempatan kali ni kita akan membahas tentang aplikasi - aplikasi komunikasi data. Tapi sebelum itu kalian tau gak sih macam - macam komunikasi. Komunikasi itu ada 4 ,yakni :

1. Komunikasi Audio atau suara,
2. Komunikasi Visual atau gambar,
3. Komunikasi Audio Visual, dan
4. Komunikasi Data.

Yak, kalau kalian sudah tahu macam - macam atau jenis komunikasi yang ada mari kita jelaskan satu persatu.

1. Komunikasi Audio atau Suara

Komunikasi audio adalah komunikasi yang diklakukan dengan menggunakan lambang verbal atau bahasa yang disampaikan secara lisan. Prinsip - prinsip komunikasi audio adalah sebagai berikut:

- Kata - kata adalah simbol dari hal - hal nyata tetapi bukan hal - hal itu sendiri.
- Arti terletak dalam diri individu bukan dalam kata-kata.
- Semua hal mengalami perubahan, yang tetap adalah perubahan itu sendiri. 
-Hindari orientasi yang bersifat kaku Keuntungan menggunakan fasilitas komunikasi audio ialah, kita bisa berkomunikasi dengan seseorang dizona yang berbeda atau tempat yang berbeda, tanpa harus berada di zona atau tempat yang bersamaan. 

Sedangkan media komunikasi audio adalah suatu alat komunikasi yang dapat ditangkap melalui alat pendengaran. Berikut merupakan contoh media komunikasi audio :

- Telepon 

Telepon, adalah media komunikasi audio yang digunakan dalam komunikasi antar personal yang banyak digunakan dalam lingkup kantor.

- Radio 

Sistem radio (Gelombang Analaog Audio)  satu arah dengan jarak jauh, pada sistem ini bentuk data berupa suara.

Untuk mengubah suara menjadi signal listrik dengan Frequensi Suara menggunakan peralatan yang disebut mirophone. Signal listrik yang dibangkitkan tersebut masih lemah, untuk itu perlu diperkuat dengan menggunakan amplifier. Signal suara kemudian dicampur dengan frequensi pembawa (Modulasi). Signal modulasi kemudian disalurkan mela-lui kabel Coaxial ke antena lalu dipancarkan. Signal modulasi yang dipancarkan, kemudian diterima oleh antena penerima dan disalurkan ke penguat. Setelah itu, kemudian signal modulasi dide-modulasi (signal suara dipisah dari signal pembawa). Signal suara yang sudah terpisah dari signal pembawa, kemudian diperkuat oleh penguata (amplifier). Setelah itu, dirubah menjadi suara oleh perlatan yang namanya Loudspeaker. 

- Tape Recorder

Tape recorder adalah radio yang digunakan untuk merekam suara dengan memakai suatu kaset didalamnya.

Prinsip-prinsip komunikasi audio :

- Prinsip-prinsip komunikasi audio,
- Arti terletak dalam diri individu bukan dalam kata-kata,
- Semua hal mengalami perubahan, yang tetap adalah perubahan itu sendiri,
- Hindari orientasi yang bersifat kaku.

Macam macam komunikasi Audio :

- Audio visual Perangkat soundsistem yang dilengkapi dengan penampilan gambar, biasanya digunakan untuk presentasi, home theater, dan sebagainya.

- Audio Streaming istilah yang dipergunakan untuk mendengarkan siaran secara live melalui Internet. Berbeda dengan cara lain, yakni mendownload file dan menjalankannya di komputer kita bila download-nya sudah selesai, dengan streaming kita 
dapat mendengarnya langsung tanpa perlu mendownload file-nya sekaligus. Ada bermacam-macam audio streaming, misalnya Winamp (mp3), RealAudio (ram) dan liquid radio. 

- Audio response Suara yang dihasilkan oleh komputer.Output pembicaraan yang dihasilkan komputer untuk menanggapi input jenis khusus, misalnya permintaan nomor telepon.

- Audio Oscillator Merupakan produk dari perusahaan Hewlett Packard yang pertama. Produk ini digunakan oleh Walt Disney Studios dalam pembuatan filmnya yang berjudul Fantasia.

- Audio Modem Riser Sebuah kartu plug-in untuk motherboard Intel yang memuat sirkuit audio dan atau sirkuit modem. AMR memuat fungsi-fungsi analog (kode-kode) yang dipelukan untuk operasi modem dan atau audio. 

2. Komunikasi Video atau Visual

Media komunikasi video adalah suatu alat komunikasi yang dapat ditangkap melalui visual atau penglihatan, komunikasi memungkinkan semua orang untuk bertemu pada saat yang sama tidak peduli zona waktu, komunikasi video memungkinkan untuk melakukan sesuatu tanpa harus bertemu dengan si received atau si penerima, bisa mengirim  dan menyampaikan sebuah informasi kepada siapa pun dengan cepat. 

Macam - macam media perangkat komunikasi Video :

- Video CODEC 

Berfungsi untuk kompresi sinyal video untuk penghematan bandwidth.

- Video Controller

Berfungsi untuk melakukan kontrol seleksi (memilih) kamera yang ditayangkan.

- Camera dan Monitor

Berfungsi sebagai perangkat input/output dalam sistem video.

Macam-Macam Video 

- Video IP Adalah video yang dilewatkan melalui IP. Terdapat tiga kategori video pada saat mereka dipancarkan pada publik baik melewati satelit, melalui kabel, dan melalui IP atau format radio analog. 

- Videotex Istilah yang dibuat ITU untuk menjelaskan peralatan TV yang 
digunakan untuk menampilkan data berbasis komputer, baik dikirimkan lewat telepon atau lewat kanal pemancar.

- Video Out Fitur pada perangkat keras yang bisa menghubungkan kamera ke video in port pada televisi atau monitor dan menampilkan citra digital di layar video. 

- Video RAM Disingkat dengan VRAM. Tipe spesial dari DRAM yang memungkinkan akses direct high speed memory melalui sirkuit video. Jenis memori ini lebih mahal bila dibandingkan chips DRAM yang konvensional. 

- Videotext Suatu kemampuan untuk mengirimkan mentransmisikan secara dua arah dari suatu gambar dan suara. 


3. Komunikasi Audio Video 

Komunikasi Audio Video adalah proses atau hal yang disampaikan berupa informasi kepada orang lain yang berupa gambaran/visualisasi sekaligus pendengaran/audio, Jika begitu maka Komunikasi ini mengandalkan Penglihatan juga Pendengaran.

Contoh Komunikasi Audio Video :

- Film

 merupakan gambar-gambar dalam frame dimana frame demi frame diproyeksikan melalui lensa proyektor secara mekanis sehingga pada layar terlihat gambar itu hidup.

- Video

Video sebagai media audio visual yang menampilkan gerak, semakin lama semakin populer dalam masyarakat kita. Pesan yang disajikan dapat bersifat fakta (kejadian/ peristiwa penting, berita), maupun fiktif (seperti misalnya cerita), bisa bersifat informatif, edukatif maupun intruksional.

- Televisi (TV)

Televisi adalah sistem elektronik yang mengirimkan gambar diam dan gambar hidup bersama suara melalui kabel dan ruang. 

Ciri - ciri Komunikasi Audio Video :

- Biasanya bersifat linier,
- Menyajikan visual yang dinamis,
- Digunakan dengan cara yang telah ditetapkan sebelumnya oleh sang perancang / pembuatnya,
- Merupkana representasi fisik dari gagasan real (nyata) dengan gagasan abstrak.

Syarat terjadinya video adalah harus dapat dilihat sekaligus didengar jadi untuk mengakses informasi yang disampaikan, digunakan indra penglihatan dan pendengaran.


4. Komunikasi Data

Komunikasi data adalah Transmisi data elektronik melalui beberapa media (Electronic Data Interchange). Komunikasi data memiliki beberapa elemen sebagai berikut :

- Source (sumber) 
Alat ini membangkitkan data sehingga dapat ditransmisikan, contoh : PC (Personal Computer)

- Transmitter (Pengirim) 
Data yang dibangkitkan dari sistem sumber tidak ditransmisikan secara langsung dalam bentuk aslinya. Sebuah transmitter menyalurkan, mengkonversi dan menandai informasi sehingga dapat 
ditransmisikan melewati sistem transmisi. Contoh : modem, tugasnya menyalurkan suatu digital bit stream dari suatu alat yang sudah dipersiapkan (Mis : PC) dan mentransformasikan bit stream tersebut menjadi suatu sinyal analog yang dapat melintasi melalui jaringan telepon.

- Transmission System (Sistem Transmisi) 
Berupa jalur transmisi tunggal (single transmission line) atau jaringan kompleks (complex network) yang menghubungkan antara sumber dengan destination (tujuan).

- Receiver (Penerima) 
Receiver menerima sinyal dari sistem transmisi dan menggabungkannya kedalam bentuk tertentu yang dapat ditangkap oleh tujuan. ( contoh : sebuah modem akan menerima suatu sinyal analog yang datang dari jaringan/ jalur transmisi dan mengubahnya menjadi suatu digital bit stream).

- Destination (Tujuan) : Menangkap data yang dihasilkan oleh receiver. 

Media pengiriman data 

Media pengiriman data dibagi lagi menjadi dua , yakni media pengiriman data yang terpadu dan media pengiriman data. Berikut penjelasannya :

Media Pengiriman data terpadu

- Kabel Twisted Pair:
 Kabel berpasangan, ada yang pasangan tunggal dan banyak pasangan.

- Kabel Coaxial:

Kabel yang terdiri dari 2 konduktor: 1 konduktoor didalam, 1 konduktor diluar melingkupi yang di dalam. Kedua dipisahkan oleh isolator, dan terbungkus karet pembungkus. 

- Optical fiber:

 Kabel yang terbuat dari kaca yang menyalurkan cahaya sebagai pembawa sinyal. 

Media Pengiriman data tidak terpadu

- Wireless

Media pengiriman data menggunakan medium udara sebagai media penyaluran sinyal elektromagnetik.

Bentuk Sistem Komunikasi Data

Bentuk sistem 

1.  Off-line communication system. 
2.  On-line communication System :
    – Remote job entry System, 
    – Realtime system, 
    – Time Sharing System,
    – Client Server System,
    – Distributed Data Processing System

Komponen Komunikasi Data

1. Pengirim, adalah piranti yang mengirimkan data, berupa komputer, alat lainnya seperti handphone, video kamera, dan lainnya yang sejenis,

2. Penerima, adalah piranti yang menerima data, juga bisa berupa komputer, alat lainnya seperti handphone, video kamera, dan lainnya yang sejenis, 

3. Pesan / Data, adalah informasi yang akan dipindahkan bisa berupa apa saja, teks, angka, gambar, suara, video, atau kombinasi dari semuanya,

4. Media pengiriman, adalah media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data, bias berupa kabel, cahaya maupun gelombang magnetik,

5. Protokol, adalah aturan-aturan yang harus disepakati oleh dua atau lebih alat untuk dapat saling berkomunikasi. Tanpa protocol, dua alat atau lebih mungkin saja bisa saling terhubung tetapi tidak dapat saling berkomunikasi, sehingga message yang dikirim tidak dapat diterima oleh alat yang dituju.

0 komentar:

Posting Komentar