Senin, 26 Agustus 2019

Published Agustus 26, 2019 by with 0 comment

Tutorial Mengatur Wireless Management dengan Mikrotik

Hasil gambar untuk mikrotik
Hallo sobat semuanya! Jumpa lagi di DS Network tempat dimana kita bisa belajar dan juga seru - seruan bareng. Di kesempatan dan pertemuan kali ini kita akan mencoba untuk melakukan Wireless Management pada Mikrotik.

Alat dan Bahan

Sebelum kita menuju ke proses selanjutnya, pertama - tama kita harus menyiapkan barang dan alat yang akan dibutuhkan untuk melakukan atau mencoba tutorial ini.

1. PC atau Komputer

Hasil gambar untuk PC
Alat yang satu ini merupakan sebuah pondasi, yang artinya kita takkan bisa melakukkan apapun ketika kita belum memiliki PC atau Komputer atau Laptop.

2. WinBox

Hasil gambar untuk winbox
Winbox ini berguna untuk melakukan remote terhadap router mikrotik tersebut, bila anda belum mempunyai Winbox maka kalian bisa download disini.

3. Router RB 951 atau 941

Gambar terkait
Kalau PC merupakan pondasinya, Router berperan sebagai sebuah tiang atau tembok. Tanpa alat ini maka kalian tidak bisa melakukan tutorial ini.

4. Adapter RB 951 atau 941

Hasil gambar untuk adapter rb951
Adapter ini berfungsi agar si router dapat menyala dan digunakan.

5. Kabel Lan

Hasil gambar untuk Kabel LAN
Kabel lan disini berperan untuk menghubungkan Router dengan PC.

Topologi


Manfaat

Setelah membaca tutorial ini para pembaca diharapkan bisa membuat, mengetahui dan paham tentang Access Wireless Management pada Router Mikrotik.\

Tujuan

Para pembaca dapat membuat dan melakukan konfigurasi access wireless management pada router Mikrotik.

Proses Pembuatan

Untuk pembuatan ini ada dua kubu yang harus dilakukan yaitu kubu AP (Access Point) dan kubu Client (Station). Disini kita akan membahas kedua Point of View dari kedua kubu tersebut.

A. Management Wireless sebagai Access Point (AP)

1. Langkah pertama, kita masuk ke Winbox lalu masuk ke tab Neighbour kemudian pilih router yang kita gunakan lalu klik Connect.

2. Kemudian kita klik pada menu Wireless.

3. Jika sudah masuk ke menu Wireless selanjutnya kita aktifkan wlan1 yang akan kita gunakan, dengan cara mengkil interface wlan 1-nya lalu klik tombol ceklis.

4. Lalu kita masuk ke interface wlan1 dengan cara double klik pada interface tersebut. Jika sudah maka ganti Mode (ap bridge), SSID, dan Radio Name, lalu centang bagian Default Authenticate klik Apply dan OK.

5. Masuk ke bagian IP dan klik Addresses untuk membuat ip address untuk wlan1 kita.

6. Klik tombol tambah, lalu masukkan ip addressnya sesuka kalian dan atur interface menjadi wlan1. Jika sudah klik Apply dan OK.


7. Setelah si Client connect terhadap kita maka selanjutnya kita pergi ke menu Registration dan klik pada perangkat yang akan kita daftarkan.

8. Seletah itu klik Copy to Access List untuk meng-copy MAC Address dari client ke Access List.

9. Lalukan langkah ke 7 dan ke 8 untuk si client yang kedua.

10. Jika sudah di daftarkan kedua client tersebut, maka kita uncheck pada kolom Default Authenticate, kemudian klik Apply dan OK.

11. Jika sudah di  uncheck, maka kita coba ping ke kedua client tersebut. Caranya masuk ke kolom Registration lalu klik client yang akan kita ping, lalu klik Ping.






Selesai anda sudah dapat membuat pengaturan Wireless pada router Mikrotik sebagai AP.

B. Management Wireless sebagai Client (Station)

1. Buka Winbox lalu masuk ke menu Neighbours dan klik pada router kita, setelah itu klik Connect.

2. Pilih tampilan menu Wireless.

3. Kemudian klik interface wlan1 dan klik tomboh ceklis untuk menghidupkan wlan 1.

4. Double klik pada interface wlan1, dan ganti Mode (Station Bridge), dan Radio Name-nya. Jangan lupa untuk di ceklis kolom Default Authenticate, jika sudah klik Scan.

5. Klik Start untuk memulai men-scan SSID apa saja yang ada di sekitar kita, pilih SSID yang sudah dibuat oleh AP, lalu klik Connect. Jika sudah klik OK.

6. Berikutnya kita buat IP address untuk si Client, klik menu IP dan pilih Addresses.

7. Kemudian tekan tombol tambah, dan isikan ip address (tiga digit IP sesuai dengan IP si AP). Jangan lupa untuk mengganti Interface menjadi wlan1, jika sudah klik OK.

8. Kemudian masuk ke menu Registration dan klik pada interface AP kita.

9. Klik Copy to Connect List unuk meng-copy MAC Address dari AP ke menu Connect List dengan mudah.

10. Selanjutnya pindah ke menu Connect List, kemudian klik pada MAC AP yang baru kita tambahkan.

11. Pastikan kolom Connect dalam keadaan tercentang, lalu klik OK.

12. Kemudian kita uncheck pada bagian Default Authenticate, lalu klik OK.

13. Jika sudah maka kita coba untuk mengeping AP dan Client yang satu lagi.




Sekian tutorial kita pada hari ini, bagaimana cukup mudah bukan. Sekarang kalian sudah tahu dan bisa mengatur Wireless Management pada Router Mikrotik. Materi ini biasanya digunakan oleh Admin - admin yang berada di hotel untuk memantau perangkat siapa saja yang ada dan bisa terhubung. Baiklah saya kira cukup, semoga tutorial ini dapat membantu anda, sampai jumpa lagi di tutorial dan pembahasan lainnya hanya di DS NETWORK.

0 komentar:

Posting Komentar